Energi Alternatif Itu Ada di Sekitar Kita



Hi sobat bloger,

Kali ini saya akan mengulas tentang energi alternatif

Pada tau ga nih apa yang dimaksud energi alternatif?

Berdasarkan Oxford dictionary, energy alternatif sebagai energi yang digunakan dengan tujuan menghentikan adanya penggunaan sumber daya alam yang ada atau adanya perusahaan lingkungan. Mulai dicari ketika sumber energi yang sebelumnya dipergunakan sudah mulai langka sehingga harganya menjadi mahal, terlebih jika sumber energi tersebut habis.


Energi alternatif di sekitar kita yaitu matahari, Biomas Energy, Energi angin, panas bumi, bisa dijadikan energi alternatif dan bisa digunakan menjadi pembangkit listrik. yang menghasilkan tenaga yang terus menerus ada sehingga kebutuhan kita akan energi yang melimpah akan terus tersedia.














 diatas adalah jenis energi yang ada di sekitar kita, bedanya ada yang bisa habis dan persediaanya tak terhingga, banyak sekali terdapat di alam sekitar kita.



Energi matahari adalah energi yang selalu tersedia dan jumlahnya melimpah di alam, jadi ayo kawan kita manfaatkan karunia dari Sang Pencipta untuk kehidupan manusia yang lebih baik.







sumber gambar : http://wahyuancol.wordpress.com/tag/atmosfer/

 ini kawan energi lain yang terbarukan, bisa berasal dari kotoran hewan dan
 tumbuhan, tapi untuk tumbuhan harus dipertimbangkan dulu walaupun semua bisa dijadikan biomass Energy tapi untuk pangan lebih baik digunakan manusia dan ternak ya.





sumber gambar : http://www.energy.ca.gov/biomass/

ini kawan contoh tenaga angin dalam proyek yang besar dan angin merupakan energi yang selalu terbarukan, di sekitar kita juga banyak angin yang dapat dipergunakan menghasilkan energi. Bersyukur kepada Sang Maha Pencipta karena energi ini banyak berada di sekitar kita benarkan kawan.








sumber gambar : http://www.teknopreneur.com/energi-lingkungan/inggris-berencana-menurunkan-biaya-energi-angin-lepas-pantai


 ini sob energi yang sedang dirintis oleh pemerintah Indonesia, dan potensinya sangat besar. Beruntungnya lagi energi geothermal ini melimpah di Indonesia, karena Indonesia adalah cin-cin api.Kita bangga dan harus bisa memanfaatkan energi ini sob, bangga menjadi anak muda Indonesia.











sumber gambar : http://teknotrek.blogspot.com/2012/11/jawa-barat-sangat-layak-bagi.html

 ini dia yang sudah ada di sekitar kita, banya sekali potensinya di Indonesia yang membuat energi di Indonesia cukup untuk kemakmuran rakyat. Ayo anak muda Indonesia berkreasi dengan energi dan jadikan Indonesia sebagai Bangsa yang Mandiri.









sumber gambar : http://shalahuddin-hasan.blogspot.com/2010/11/pembangkit-listrik-micro-hydro-mini.html




Saat ini banyak dari energi itu belum termanfaatkan secara maksimal, padahal di bumi Indonesia ini karunia dari Allah SWT begitu melimpah, tinggal kita mau atau tidak untuk segera memanfaatkannya. Selain dari energi alternatif ada juga yang berasal dari listrik, temen-temen sudah denger kan mobil dan motor yang menggunkan tenaga listrik, sekarang sudah banyak dikembangkan sepeda bertenaga listrik.

salah satu kendaraan yang menggunakan listrik sebagai energi alternatifya.

 dari pengembangan sepeda listrik ini akan adaagi tenaga listrik beulang.

temen-temen masih bingung dengan apa itu tenaga listrik berulang?

tenaga listrik berulang adalah tenaga yang di dapat dari hasil perputaran dinamo yang dtempatkan di roda sepeda sehingga setiap energi gerak dari tubuh kita dan energi listrik yang tersimpan dalam baterai akan menjadi energi listrik kembali.





              Menurut Prof Ir Suryo Purwono MASc PhD saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UGM, Kamis 9/10 di tahun 2008 di ruang Balai Senat UGM. Ketua Jurusan Teknik Kimia FT UGM ini, menyampaikan pidato pengukuhan "Peranan Sumber Daya Alam Berbasis Fosil Bagi Kehidupan Manusia dan Cara Mengatasi Kekurangannya Dengan Enchanced Oil Recovery".
Dikatakan, seiring dengan perkembangan industri yang sangat pesat dibutuhkan energi dalam jumlah yang sangat besar. Saat ini sebagian besar kebutuhan disuplai dari minyak bumi yang diperkirakan akan habis tahun 2020 bila tidak ada upaya lain. Banyak energi alternatif yang telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi saat ini.



      Solusi dari kelangkaan energi cuma penghematan energi dan yang harus kita lakukan atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai oleh kita dengan penggunaan energi secara efisien dimana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya yang kita keluarkan sehari-hari benarkan sobat? Serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan. Organisasi-organisasi serta perseorangan dapat menghemat biaya dengan melakukan penghematan energi, sedangkan pengguna komersial dan industri dapat meningkatkan efisiensi dan keuntungan dengan melakukan penghemaan energi.


            Penghematan energi adalah unsur yang penting dari sebuah kebijakan energi. Penghematan energi menurunkan konsumsi energi dan permintaan energi per kapita, sehingga dapat menutup meningkatnya kebutuhan energi akibat pertumbuhan populasi. Harus ada energi alternatif yang munajat dan kawan-kawan ciptakan sebagai bakti pada Negara tercinta ini. Energi alternatif diharapkan dapat mengurangi naiknya biaya energi, dan dapat mengurangi kebutuhan penghemat energi atau impor energi. Berkurangnya permintaan energi dapat memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksi energi.
              Selain itu, dengan mengurangi emisi dari kendaraan yang kita pakai sehari-hari, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau diperbaharui mengurangi perubahan iklim, bisa gawat kan sob kalau iklim tiba-tiba berubah? Penghematan energi juga memudahkan digantinya sumber-sumber  tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui. Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi, dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi. Ayo anak muda Indonesia bersama kita manfaatkan energi alternatif yang melimpah di sekitar bumi Indonesia, jadi sobat bumi yang baik "siapa takut".



Energi bukan hanya untuk aat ini tapi untuk masa depan anak cucu kita juga. Jaga Energi dari sekarang.
jaga energi gas dan minyak bumi dari sekarang, karena minyak bumi dan gas bisa habis.


blog ini dibuat untuk mengikuti lomba Blog yang diadakan pertamamina " selamat ulang tahun pertamina yang ke 55" semoga semakin jaya, salam bloger dan sobat bumi.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Energi Alternatif Itu Ada di Sekitar Kita ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 09 Desember 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 4 komentar: di postingan Energi Alternatif Itu Ada di Sekitar Kita
 

4 komentar:

  1. masukan komentar anda ya teman2

    BalasHapus
  2. terimakasih komen positifnya kawan.

    BalasHapus
  3. paling sukan dengan kalimat ini
    "Don't give up on the future, climate action now!"

    hm.. hm..

    BalasHapus

Bagaimana Blog Ini

Selamat Datang

Selamat Datang Di Hibifive Blog
Diberdayakan oleh Blogger.

Pilih Language

Ngekor